Selamat Milad ke-7 Para Jawara, Bang Japar

Chozin dan Fahira Idris

Selamat Milad ke-7 Para Jawara dan Pengacara Jakarta, Bang Japar

Bagi masyarakat Jakarta, pasti sangat familiar dengan ormas bernama Bang Japar. Ormas ini lahir tahun 2017 waktu itu sedang perhelatan Pilkada DKI yang mempertarungkan antara pasangan Anies-Sandi (Anies Baswedan – Sandiaga Uno vs Ahok-Jarot (Basuki Cahaya Purnama yang berpasangan dengan Jarot.

Waktu waktu itu pertarungan keras sekali sehingga banyak menimbulkan residu-iritasi pertarungan hingga bertahun-tahun. Walaupun kemudian, pasangan Gubernur terpilih Anies-Sandi bisa mencairkan residu-residu tersebut pada saat menjabat.

Waktu itu, Bang Japar lahir sebagai perlawanan warga Jakarta terhadap kompetitor politik waktu itu yang disinyalir diback-up oleh pemodal besar, yang sering diidentifikasi sebagai kelompok Naga Sembilan.

Dengan modal yang besar Naga Sembilan dikhawatirkan akan menggunakan kekuatan uang nya untuk memobilisasi pemilih dan membeli suara. Ketakutan warga grass-root Jakarta jika pasangan yang diback-up oleh Naga Sembilan itu menang, mereka akan kehilangan rumah dan kampung-kampungnya karena akan digusur dan dikonversi menjadi mall dan apartemen.

Nah, bank Jabar waktu itu melakukan pengorganisasian pengawalan TPS-TPS yang disinyalir akan didrop oleh para pemilih dadakan dan juga menghalau penyebaran sembako, yang biasanya dilakukan sehari atau menjelang pemilihan. Makanya Bang Japar adalah singkatan dari kebangkitan jawara dan pengacara.

Deri namanya kita sudah bisa membaca bahwa kelahiran Bang Japar memang mewadahi para jawara dan pengacara di wilayah Betawi tersebut. Fahira Idris sebagai pelopor lahirnya bank Jabar sampai saat ini memimpin sendiri Bang Japar, hingga usia Bang Japar kini yang ke-7. Fahira terpilih menjadi anggota DPD RI dengan jumlah suara paling banyak, yaitu 745.841 ribu suara.

Kini Bang Japar bukan hanya ada di Jakarta tetapi sudah mulai tumbuh berkembang di tempat tempat lain seperti di Banten, Sumatera selatan dan beberapa tempat lainnya

Selamat Milad yang ke-7 buat ormas Bang Japar. Semoga semakin dicintai oleh warga Jakarta dan konsisten mengabdi untuk Jakarta. Selamat dan sukses buat Ibunda @fahiraidris atas kepemimpinannya.

Salam, M Chozin.

Baca Juga:  Ikut Sidang Dugaan Pelanggaran KEPP, Komisioner KPU Lanny Ointu Jadi Salah Satu Anggota Majelis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *