Kolaborasi Akademi Relawan dan Damkar Torehkan Program Belajar Bersama

Wujudkan program belajar bersama

EXPOSEMEDIA, BAogor – Sekolah kepemimpinan Gerakan TurunTangan, Akademi Relawan menggelar program Belajar Bersama, pada Sabtu (6/7/2024).

Program tersebut berkolaborasi dengan Damkar (Pemadam Kelaparan) Baik by Kitabisa.com dan dilaksanakan di Pondok Pesantren Al Quran Hidayatul Furqon, Cilebut, Kabupaten Bogor.

Head of Akademi Relawan, Yosua Aditya menjelaskan bahwa Belajar Bersama merupakan program peningkatan kapasitas dengan metode bermain, bercerita, dan mendengar untuk menemukan nilai, pandangan, serta pengalaman baru.

Kompak dalam suasana belajar bersama

“Jadi sebelum-sebelumnya program ini kami adakan untuk teman-teman TurunTangan daerah dan organisasi sosial-politik. Tapi mulai hari ini, kami ingin membawa Belajar Bersama dapat diterima manfaatnya untuk adik-adik pelajar. Bahkan ke depan tidak menutup kemungkinan juga teman-teman yang duduk di bangku kuliah,” ujar Yosua.

Baca Juga:  Relawan Turun Tangan dan IDN Pictures Gelar Nobar "Balada Si Roy"

Belajar Bersama di Pondok Pesantren Al Quran Hidayatul Furqon berlangsung menyenangkan. Kegiatan diawali dengan ice breaking oleh relawan yang terlibat.

Kemudian, dilanjutkan dengan penampilan dari beberapa adik-adik Pondok Pesantren Al Quran Hidayatul Furqon. Di antaranya: Tari Saman, baca puisi, hingga sholawat.

Berlangsung kegiatan kolaborasi

“Tentu ini menjadi menarik karena melatih mereka supaya tampil percaya diri setidaknya di depan teman-teman yang mereka temui sehari-hari ya. Jadi juga sebagai wadah untuk mereka berekspresi dengan bakat yang mereka punya,” ucap Yosua.

Lalu, kegiatan Belajar Bersama dilanjutkan dengan games yang membutuhkan pengetahuan dan kerja sama antar anggota tim. Hal ini tentu menjadi menarik, karena permainan yang dihadirkan memiliki makna positif, yang pastinya dapat dipetik oleh mereka.

Baca Juga:  BP2MI Luncurkan 750 SOP, Inilah Model Perubahan Progresif

Di akhir kegiatan, Belajar Bersama ditutup dengan pembagian makanan yang dilakukan oleh Damkar Baik by Kitabisa.com kepada adik-adik Pondok Pesantren Al Quran Hidayatul Furqon.

Usai membagi makanan, adik-adik dan para relawan yang terlibat tampak menikmati makanan secara bersama-sama. Tak jarang mereka terlihat saling berbagi cerita dan melepaskan tawa.

Sementara itu, Komandan Damkar, Azani Rahmad menjelaskan bahwa Damkar Baik merupakan sebuah gerakan inisiasi dari Kitabisa.com dengan membagi-bagi makanan untuk masyarakat yang membutuhkan.

Semangat belajar bersama

“Khusus di sini, kita bagi-bagi 1.000 makanan gratis untuk teman-teman Pondok Pesantren Al Quran Hidayatul Furqon dan para warga yang ada di sekitar,” kata Zani.

Baca Juga:  Pastikan PMI Bebas Mengakses Data, BP2MI Bertemu Kemendagri

Lebih lanjut, Zani membeberkan alasan Damkar berkolaborasi dengan TurunTangan, karena antara Damkar Baik dengan TurunTangan memiliki core pergerakan yang tidak jauh beda.

“Intinya TurunTangan ini juga memiliki concern yang sama seperti kami, terhadap isu-isu sosial yang ada di masyarakat,” pungkas Zani.

Penuh semangat kebersamaan

Kemudian, Pemimpin Pondok Pesantren Al Quran Hidayatul Furqon, Abi Haji Mulyadi Yusuf merasa bersyukur dengan kehadiran Gerakan TurunTangan dan Damkar Baik by Kitabisa.com melalui program Belajar Bersama oleh Akademi Relawan.

“Mudah-mudahan perjuangan para donatur dan relawan yang terlibat dalam acara hari ini senantiasa dibalas oleh Allah SWT dengan balasan yang berlipat ganda,” ujar Abi Yusuf. (*/Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *