HomeBerita Utama

Masyarakat Garda Terdepan Pengawasan Pilkada

Ilustrasi: exposemedia.id

EXPOSEMEDIA.ID, AMURANG – Untuk tegaknya proses demokratisasi dan suksesnya penyelenggaraan Pilkada 2020, butuh peran aktif masyarakat dalam melakukan pengawasan.

“Peran masyarakat dalam pengawasan tetap paling depan. Dan pada dasarnya pun Pilkada nanti bukan hanya tanggung jawab penyelenggara pemilu. Masyarakat bisa ambil peran disitu,” tukas Fritz Edward Siregar, Pimpinan Bawaslu RI, saat memberikan bimbingan teknis pengawasan kepada jajaran Panwascam di Minahasa Selatan, akhir pekan kemarin.


Karena itu, Fritz meminta agar jajaran Bawaslu Minsel untuk terus meningkatkan peran sertanya dan partisipasi publik dalam pengawasan pilkada. Dia meyakini peran aktif masyarakat akan menghasilkan proses demokratisasi yang baik.

Baca Juga:  Edisi Sabtu, 12 September 2020

Kunjungan kerja Koordinator Divisi Hukum, Hubungan Masyarakat, dan Data Informasi Bawaslu RI itu juga dalam rangka melakukan pengecekan ‘amunisi’ infrastruktur dan keterampilan jajaran pengawas Pilkada 2020 yang perlu beradaptasi dengan situasi pandemik Covid-19.

Diakui Siregar, untuk meningkatkan partisipasi pengawasan masyarakat memang bukan perkara gampang. Tapi, sebagai jajaran Bawaslu tidak boleh nyerah. Harus optimis. Caranya dengan menjalankan fungsi Bawaslu dengan baik dan mengoptimalkan kemampuan sosialisasi yang kreatif. Untuk memastikan informasi sampai ke masyarakat.

“Ini zaman digital. Mari memanfaatkan segala platform media sosial yang sudah dimiliki, ” harapnya.

Fritz Eduard Siregar, bersama Supriyadi Pangellu

Sementara itu, Ketua Bawaslu Minsel Eva Keintjem menyematkan apresiasi atas kunjungan Pimpinan Bawaslu RI Fritz Edward Siregar sekaligus memberi ‘nutrisi’ bagi jajaran Bawaslu Minsel dalam rangka menghadapi pilkada serentak 2020.

Baca Juga:  Edisi Selasa, 8 Desember 2020

“Kami sudah dua kali mendapat kunjungan kerja dari Bawaslu RI. Beberapa waktu lalu pak Afifudin. Sekarang gilirannya pak Fritz. Ya kedatangan pimpinan Bawaslu ke sini dalam rangka mengecek kesiapan jajaran kita dalam pilkada 2020,” ungkap Keintjem.

Tidak hanya di Minahasa Selatan. Fritz juga secara marathon memberikan bimtek pengawasan kepada jajaran Panwascam Tomohon, Minahasa, Manado, Minut dan Bitung dan turut didampingi Ketua dan Pimpinan Bawaslu Sulut Herwin Malonda, Kenly Poluan, Awaludin Umbola, Supriyadi Pangellu dan Mustari Umagi. (dou/*)

COMMENTS

Open chat
Berlangganan