HomeBerita Utama

Survey Indo Barometer 39,5 Persen, JPAR-Ai  Menuju Gerbang Kemenangan 

Prof.Dr. Julyeta PA. Runtuwene dan Dr. Harley Benfica Mangindaan

EXPOSEMEDIA.ID, MANADO – Tingkat keterpilihan pasangan calon walikota dan wakil walikota Manado Prof.Dr.Julyeta PA. Runtuwene dan Dr. Harley Mangindaan, menjelang Pilkada Serentak 9 Desember, jauh unggul atas tiga paslon lainnya.

Pasalnya, paslon yang populis dengan tagline PAHAM ini, memiliki tingkat keterpilihan nyaris menyentuh angka 40 persen.

Dengan sisa waktu yang tinggal enam hari lagi menuju 9 Desember, hampir pasti pasangan calon Paula-Harley nomor urut (4) ini sulit dikejar oleh pasangan calon lain atau kian dekat menuju gerbang kemenangan.

Seperti disampaikan lembaga survey resmi yang terdaftar di KPU RI dan KPU Manado, Indo Barometer, atas hasil survey yang telah dilakukannya pada tanggal 22-28 November 2020 pekan lalu.

Baca Juga:  Low Profile, Jujur, Figur AiM Dikagumi Banyak Orang, Disegani Lawan Politik

Direktur Eksekutif Muhammad Qodari melalui Manajer Riset Hadi Suprapto Rusli, mengatakan paslon nomor urut (4) Paula-Harley Mangindaan, menempati posisi puncak survey dengan tingkat keterpilihan sebanyak 39,5 persen.

Prosentase yang dimiliki PAHAM tersebut, terpaut jauh atau 12,5 persen dari paslon lain yang berada di peringkat kedua yang hanya berada pada angka 27,3 persen.

Hadi sendiri tidak secara detil menyebut nama paslon yang berada di posisi kedua, ketiga maupun posisi kunci hasil survey yang dilakukan Indo Barometer.

Adapun posisi ketiga dengan prosentase 20,3 persen, dan posisi kunci dengan prosentase hanya 8,0 persen.

Pemilih yang masih merahasiakan pilihannya sebesar 2,5 persen, dan belum memutuskan pilihan 2,3 persen. Sedangkan yang tidak tahu 0,3 persen.

“Dengan selisih 12,5 persen, Paslon lain sulit untuk mengejar karena jumlah itu tidak sedikit. Apalagi swing voters (pemilih ngambang) hanya tinggal 0,3 persen,” ujar Hadi Suprapto, melalui aplikasi zoom Rabu (2/12) sore kemarin sekira pukul 16.00 Wita.

Baca Juga:  Kampanye di GPI, CEPSSL Curi Simpati Emak-emak Lewat Program Pro Rakyat

Lanjut Hadi, ada sejumlah content yang dijadikan alasan pemilih sehingga menyukai Pasangan calon Paula-Harley Mangindaan.

“Paslon Paula-Harley memiliki visi misi jelas, cerdas, merakyat, mampu memimpin, berjiwa sosial dan diyakini mampu membawa kota Manado lebih baik ke depan. Content inilah yang membuat masyarakat kota Manado menyukai Paslon Paula-Harley Mangindaan,” papar Hadi Suprapto.

Selain itu, Indo Barometer juga merilis;

  • Masyarakat yang suka dengan visi misi JPAR-AI, 35,6 persen.
  • Mampu memperbaiki Manado lebih baik 50,8 persen.
  • Merakyat 36,7 persen.
  • Ikut pihak lain (keluarga atau lingkungan) 25.0 persen.
  • Pasangan yang cocok atau serasi 27,3 persen.
  • Berjiwa sosial 36,4 persen.
  • Pasangan tersebut saling menunjang 60,0 persen.
  • Suka dengan calonnya 52,6 persen.
  • Menguasai permasalahan di Manado 44,4 persen.
  • Berpengalaman 47, 1 persen.
  • Keduanya berkualitas (kinerja bagus) 46,2 persen.
Baca Juga:  Liando: Faktor Kawin Mawin Bikin Politik Identitas Tak Laku Dijual

Seperti diketahui, pasangan calon PAHAM nomor urut (4) yang diusung Partai Nasdem, Perindo dan PSI, terus mendapat simpati dari warga Kota Manado.

Program pro rakyat berupa 10 ribu rumah murah, layanan kesehatan UC, pemberdayaan UMKM dan program kerakyatan lainnya, mendapat apresiasi tinggi dari warga Kota Manado.

Bahkan dalam setiap kampanye dialogis yang dilakukan, baik dihadiri pasangan calon atau tanpa pasangan calonpun, kampanye PAHAM selalu dipadati warga pemilih yang tertarik dengan visi misi dan program pro rakyatnya. (rin/*)

COMMENTS