Aksi Peduli Rekan Indonesia Jakut, Gelar Pengobatan Herbal Untuk Korban Kebakaran Depo Pertamina Plumpang

Aksi pengobatan gratis

EXPOSEMEDIA, Jakarta – Relawan Kesehatan (Rekan) Indonesia adalah relawan kemanusiaan yang bergerak mendampi warga yang kesulitan untuk mengakses hak layanan kesehatan dan jaminan kesehatan.

Sebagai relawan kemanusiaan, Rekan Indonesia juga sering melakukan aksi sosial di lokasi terjadi bencana alam dan musibah yang terjadi. Saat terjadinya ledakan di Depo Pertamina Plumpang yang menyebabkan kebakaran hebat.

Rekan Indonesia dari sejak awal terjadinya ledakan kebakaran tersebut, langsung bergerak cepat mulai dari membantu evakuasi korban kebakaran ke Rumah Sakit (RS). Hingga mengevakuasi warga ke lokasi pengungsian.

Baca Juga:  Terjun di Politik, Perempuan Harus Ciptakan Kaderisasi Kepemimpinan

Membuka posko, mendistribusikan makanan dan minuman untum pengungsi, membagikab kebutuhan bayi dan peralatan mandi serta melakukan pengecekan kondisi tubuh para pengungsi di posko pengungsian.

Hal ini diungkapkan oleh Eka Sukreyni, ketua Kolektif Pimpinan Daerah (KPD) Rekan Indonesia Kota Administratif Jakarta Utara. Hari ini, Senin 6 Maret 2023 disela kegiatan pengobatan alternatif gratis dan terapi herbal untuk pengungsi di markas PMI Jakut.

“Kegiatan pengobatan alternatif gratis ini, bentuknya pengobatan Bekam, Akupuntur, Pijat Refleksi, dan Kerokan,” kata Eka.

Eka mengatakan bahwa kegiatan ini bekerjasama dengan Badan Zakat Amil Ar-Raudhah, Tebet Jaksel. Menurut Eka, kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Rekan Indonesia kepada korban kebakaran depo Pertamina Plumpang. Selain itu untuk mengembalikan kondisi dan kebugaran pengungsi di posko pengungsian.

Kegiaran kemanusiaan berjalan sukses

“Tinggal di posko pengungsian tentu berpengaruh dengan kondisi tubuh pengungsi. Pegal-pegal, masuk angin, kembung, dan lain-lain. Dengan pengobatan alternatif ini diharapkan bisa mengembalikan kondisi tubuh para pengungsi,” ujar Eka memaparkan.

Rekan Indonesia sendiri membuka posko peduli korban kebakaran depo Pertamina Plumpang di Kp. Tanah Merah Atas Prapatan Bak Air No. 1 RT 03 RW 08 Kel. Rawa Badak Selatan, Kec. Koja, Jakarta Utara. (*/Amas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *