Migrant Watch Beberkan Ada Serangan Balik ke Ganjar – Mahfud

Aznil Tan

EXPOSEMEDIA, Jakarta – Viral video pengakuan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Taiwan mendapat surat suara dalam keadaan tercoblos pada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

Direktur Eksekutif Migrant Watch, Aznil Tan menyakini hal tersebut tidak bisa dilakukan oleh Tim Ganjar – Mahfud.

“Sepengetahuan kami sebagai pemantau Pekerja Migran menyakini bahwa tim diluar penguasa tidak memiliki kemampuan untuk melakukan hal itu. Yang bisa melakukan itu hanyalah penguasa. Potensi pihak diluar kekuasaan mau berlaku curang hanya bisa dilakukan setelah pencoblosan, itupun pada kertas tidak dicoplos,” katanya ke media, Jakarta (20/01/2024).

Baca Juga:  Rutin Berangkatkan PMI Korsel, Benny: Negara Telah Siapkan Fasilitas untuk PMI

Menurut dia pemungutan suara melalui pos dengan mengirim surat suara ke alamat PMI yang berada di luar negeri dan dipungut kembali beberapa hari kemudian berpotensi untuk disimpangkan.

“Kertas suara dikirim melalui pos sangat berpontensi untuk dimainkan macam-macam. Termasuk membuat video kertas suara yang sudah tercoblos,” jelas Aznil Tan.

Dia menilai video viral Pekerjaan Mjgran Indonesia (PMI) di Taiwan itu sulit dipercaya kebenarannya. Jumlah Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri di Taiwan 230.307 orang memiliki perilaku beragam.

“Jumlah pemilih di Taiwan itu ada dua ratus tigapuluh ribu lebih dengan perilaku yang beragam. Banyak motif penyebabnya. Bisa jadi, benar apa adanya . Bisa jadi video itu dibuat sebagai bentuk fanatisme dari pendukung Prabowo- Gibran,” ungkapnya.

Baca Juga:  Yulianus Dwaa Ditugaskan Haris Pimpin DPD KNPI Pegunungan Tengah

Lebih lanjut Aznil Tan menduga kejadian surat suara sudah tercoblos pada paslon capres-cawapres Nomor 3 sebagai serangan balik kepada Ganjar-Mahfud yang lantang mengkritik temuan puluhan ribu surat suara Pemilu 2024 yang telah dicoblos warga negara Indonesia (WNI) di Taipei di bulan Desember 2023 kemarin.

“Tidak tertutup kemungkinan diduga sebagai bentuk serangan balik yang keji ke Ganjar-Mahfud atas kritik mereka pada peristiwa puluhan ribu surat suara yang sudah dicoblos di Taiwan bulan Desember kemarin. Agar clear, Panwaslu harus segera minta keterangan 25 PMI tersebut,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui beredar video viral surat suara di Taiwan dalam keadaan tercoblos pada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

Dalam video viral yang dilihat, Jumat (19/1/2023), tampak dua orang pria memperlihatkan surat suara yang telah tercoblos, satu surat suara Pilpres 2024 dan satu lagi adalah surat suara Pileg 2024. Pada surat suara Pilpres 2024 sudah tercoblos di paslon Ganjar dan Mahfud. (*/Redaksi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *