HomeBerita Utama

Sengit, Ganjar Tertinggal SMRC Beberkan Anies dan Prabowo Bersaing Ketat

Data SMRC

EXPOSEMEDIA, Jakarta – Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada hasil survei terbarunya membeberkan fakta menarik. Dimana dukungan publik pada Anies Baswedan dan Prabowo Subianto bersaing ketat. Demikian hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) bertajuk “Prospek Anies Baswedan di Pilpres 2024” yang ditayangkan melalui kanal YouTube SMRC TV pada Kamis, 8 September 2022.

Seperti yang dilansir dari video presentasi temuan suvei SMRC bisa disimak di sini: https://youtu.be/UlZLMd_oJfE

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, dalam presentasinya, menunjukkan simulasi Pilpres di mana yang bertarung hanya Anies dan Prabowo. Pada kelompok pemilih yang tahu Anies dan Prabowo, Anies mendapatkan dukungan 38 persen dan Prabowo 41,5 persen. Masih ada 20,4 persen yang belum menjawab.

Baca Juga:  Tiga Besar Parpol yang Memiliki Posisi Stabil, Ini Hasil SMRC

Dalam paparannya Deni menyatakan bahwa dukungan pada dua tokoh ini tidak berbeda signifikan secara statistic sehingga belum bisa ditentukan siapa pemenang di antara keduanya.

Survei ini dilakukan secara tatap muka pada 5-13 Agustus 2022. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah Berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1220 responden.

Baca Juga:  Puan dan Airlangga Stagnan, SMRC Temukan Hasilnya Sangat Tidak Kompetitif

Response rate sebesar 1053 atau 86%. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1% pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling). (*/Amas)

COMMENTS