Jika Pilpres Diikuti Ketum Parpol, Prabowo Menang Satu Putaran

Deni ketika memberi paparan

JAKARTA – Mengejutkan, jika pemilihan Presiden (Pilpres) hanya diikuti Ketua Umum partai politik (parpol), Prabowo berpeluang besar memenangkan pemilihan dalam satu putaran. Demikian hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dipresentasikan Direktur Riset SMRC, Deni Irvani, bertajuk “Trend Dukungan Calon Presiden” yang disiarkan melalui kanal YouTube SMRC TV pada Selasa, 21 Maret 2023.

Video presentasi tersebut bisa disimak di sini: https://youtu.be/U-HOaYu517w

Dalam presentasinya, Deni menunjukkan simulasi pilpres di mana yang maju adalah ketua-ketua atau para elit utama tiga partai terbesar (PDIP, Golkar, dan Gerindra). Dalam simulasi ini, Prabowo mendapatkan suara 61,6 persen; Puan Maharani 9,4 persen; dan Airlangga Hartarto 6,7 persen. Masih ada 22,3 persen yang belum menjawab.

“Bila Ganjar dan Anies tidak maju, dan yang maju Prabowo vs Puan vs Airlangga maka Prabowo menang satu putaran ketika survei dilakukan,” kata Deni.

Hasil survei SMRC terbaru

Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka pada 2-11 Maret 2023. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Dari populasi itu dipilih secara random (stratified multistage random sampling) 1220 responden.

Response rate (responden yang dapat diwawancarai secara valid) sebesar 1061 atau 87%. Sebanyak 1061 responden ini yang dianalisis. Margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar ± 3,1% pada tingkat kepercayaan 95% (asumsi simple random sampling). (*/Amas)

Baca Juga:  Alumni UMB Keluarkan Petisi Meruya Kritik Demokrasi dan Reformasi yang Ditabrak Jokowi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *