HomeBerita KotaKota Bitung

Kordiv HPP-PS Bawaslu Bitung Supervisi Penanganan Pelanggaran

Foto: istimewa

EXPOSEMEDIA.ID, BITUNG – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Bitung kembali turun lapangan. Kali ini, Koordinator Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa, Zulkifli Densi berkunjung ke kantor sekretariat Panwascam Matuari dan Ranowulu, Selasa (21/07).

Informasi dirangkum, kunjungan tersebut dalam rangka melakukan supervisi terkait kesiapan Panwascam dalam menangani pelanggaran pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020.

Densi mengatakan, jika pihaknya akan melakukan supervisi terkait penanganan pelanggaran Pilkada di delapan kecamatan di Kota Bitung.

Baca Juga:  Lebih Dekat dengan Zul Densi, Owner Kedai Biji Itang, Bitung

“Hari ini kita melakukan supervisi itu kepada Panwascam Ranowulu dan Matuari. Besok, Rabu (22/07), di Panwascam Girian dan Madidir. Begitu seterusnya sampai di delapan kecamatan yang ada,” ujarnya.

Pria hitam manis ini juga menyampaikan, dalam kunjungan itu pihaknya menekankan dua hal penting kepada Panwascam yakni, terkait kelengkapan administrasi dan regulasi.

“Ada dua hal ini penting. Kelengkapan administrasi berupa formulir yang harus disiapkan pada proses penanganan pelanggaran. Pun regulasi yang diterapkan harus sesuai dengan yang diatur dalam Perbawaslu. Nah, dua hal ini yang harus diperhatikan. Agar ketika ada temuan atau laporan pelanggaran, Panwascam sudah siap menindaklanjutinya,” jelasnya.

Baca Juga:  6 Legislator Manado dan Jurnalis Muslim Berbagi Perlengkapan Sholat

Lebih lanjut, tujuan dari kunjungan itu untuk memastikan segala bentuk perangkat administrasi di Panwascam sudah benar-benar siap sesuai dengan sesuai dengan Perbawaslu No 14 tahun 2017 dan Perbawaslu terbaru No 4 tahun 2020 Tentang pengawasan penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa.

“Ketika ini semuanya sudah siap. Maka tugas kita tinggal mengawasi jalannya Pilkada. Jika pun seiring berjalannya tahapan Pilkada kemudian ada pelanggaran. Maka pihak Panwascam sudah tahu harus melaksanakan tugas mereka. Karena semuanya sudah dipersiapkan dari awal. Intinya Bawaslu dan seluruh jajarannya sudah sangat siap melakukan pengawasan. Kita juga berharap Pilkada 2020 ini bisa berjalan aman damai dan sukses,” pungkasnya. (spc/ysr/*)

COMMENTS

Open chat
Berlangganan