HomeBerita KotaKota Manado

Mantan Anggota DPR RI Sukardi Harun Berpulang

Alm. H. Sukardi Harun

EXPOSEMEDIA.ID, MANADO – Awan duka kembali menggantung di langit Kota Manado. Seorang tokoh politik yang juga mantan Anggota DPR RI, Sukardi Harun, berpulang ke Rahmatullah Minggu (26/7) dinihari di kediamannya di Kelurahan Dendengan Dalam Lingkungan III Kecamatan Paal Dua.

Selain dikenal sebagai sesepuh Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Almarhum Hi. Sukardi Harun, juga dikenal sebagai tokoh Syarikat Islam Sulawesi Utara.

Karir politik almarhum berawal tahun 1962-1967 sebagai anggota DPRD-GR Kabupaten Minahasa mewakili Minahasa Utara.

Baca Juga:  Pastikan Pilkada Aman, GSVL Gelar Rakor Penegakan Hukum Protokol Kesehatan

Tahun 1977-1997, almarhum mendapat mandat dari PPP untuk menjadi anggota DPRD Provinsi Sulawesi Utara sejak tahun 1977-1997.

Di tahun 1997, almarhum diberi kepercayaan sebagai anggota MPR-RI  lewat kursi perimbangan untuk anggota non DPR RI.

Di era transisi masa kepemimpinan Soeharto ke BJ Habibie, tepatnya tahun 1999 dirinya lewat PPP terpilih menjadi anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Sulut (termasuk Gorontalo sebelum pemekaran) hingga tahun 2004.

Masih di tahun 2004 dirinya kembali mendapatkan mandat rakyat menjadi anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) Sulawesi Utara, hingga tahun 2009.

Baca Juga:  Jumlah Positif Corona Bertambah, GSVL Ingatkan Jaga Jarak

Sejak 2009, almarhum menghabiskan masa tuanya di Kota Manado, Kelurahan Dendengan Dalam, hingga akhir hayatnya.

Almarhum meninggal diusianya yang ke-88 tahun, dan dimakamkan di Girian, Kota Bitung Minggu (26/7) usai Shalat Dzuhur.(***)

COMMENTS

Open chat
Berlangganan