HomeKota Manado

Optimis Menang, PAHAM Siapkan 25 Program Khusus

Prof.DR. Julyeta PA. Runtuwene dan DR. Harley Mangindaan, Calon walikota dan wakil walikota Manado yang diusung Partai Nasdem, Perindo, PSI

EXPOSEMEDIA.ID, MANADO – Sejak mendaftar di KPU Manado sebagai salah satu kontestasi di Pilkada Manado, pasangan calon walikota dan wakil walikota Manado Prof. DR. Julyeta Paulina Amelia Runtuwene, MS (JPAR) dan DR. Harley Alfredo Benfica Mangindaan, SE (Ai), terus turun dan bergerak melakukan sosialisasi menemui pendukungnya.

Tak hanya itu. Pasangan calon dengan gelar doktor ini sudah siap dengan rencana dan program pro rakyat. Sebanyak 25 program khusus untuk kemajuan Kota Manado dan Kesejahteraan Rakyat, akan menjadi panduan kerja bersama bila dipercayakan warga Kota Manado pada Pilkada 9 Desember 2020 mendatang.

Juru bicara Paslon PAHAM Ai Firman Mustika, kepada EXPOSEMEDIA, Rabu (9/9) malam mengatakan, 25 program tersebut sudah tertuang secara detil dalam Visi dan Misi PAHAM dalam memajukan Kota Manado ke depannya.

Berikut Program PAHAM untuk Masyarakat Kota Manado.

  • Menjadikan Manado destinasi kesehatan kawasan timur Indonesia melalui pelayanan Rumah Sakit khusus gigi dan mulut, RSUD Manado dan RS lainnya di Manado.
  • Pelayanan Kesehatan gratis untuk rakyat Kota Manado (UC), dan bantuan khusus untuk bantuan untuk ibu hamil sebelum dan sesudah melahirkan.
  • Menjadikan Manado sehat melalui budaya bersih (pengolahan bank sampah, dekomposer, incinerator).
  • Peningkatan tunjangan khusus untuk petugas kesehatan yakni dokter ahli, dokter umum dan para medis setiap bulan.
    Peningkatan tunjangan (honor) petugas kebersihan setiap bulan. Pembangunan rumah pintar dan tempat olahraga di setiap kecamatan.
  • Pembangunan taman baca atau area mainan anak, dilengkapi fasilitas internet gratis di setiap kelurahan. Dan Membangun asrama untuk siswa dan mahasiswa dari Bunaken Kepulauan yang sekolah dan kuliah di Manado dan Minahasa.
  • Pemanfaatan pusat latihan kerja (PLK) Manado untuk mencetak tenaga kerja profesional atau transformasi digital, sesuai kebutuhan era normal baru.
  • Bantuan dana pendidikan:
    a. SD, SMP, SMA, S1, S2 dan S3 setiap bulan.
    b. Doktor ahli bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Manado dibiayai full sampai selesai.
  • Penghargaan (Bonus) khusus bagi yang berprestasi di bidang olahraga, seni dan inovasi baru ditingkatan Kota, Provinsi, Nasional maupun Internasional.
  • Insentif dan stimulasi di masa Pandemi Covid-19 sebagai berikut: Pemberian sembako (beras, ikan dan lain-lain) untuk warga terdampak ekonomi setiap tiga bulan dan pemberian masker juga hand sanitizer.
  • Pembentukan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) sesuai pontensi dan kebutuhan era normal baru.
  • Mencetak 1000 milenial bisnis Manado (MBM) dan membangun gedung “PAHAM MBM” (gedung untuk sentra UKM dan pusat kegiatan kerja usaha bersama kaum Millenial).
  • Membangun ketahanan pangan kota melalui usaha Marijo bakobong, peternakan, perikanan darat, dan laut (bantuan untuk tanu dan nelayan).
  • Memberi insentif khusus bagi pengusaha sedang dan besar untuk investasi di Manado, peningkatan dana duka, peningkatan dana lansia.
  • Melanjutkan pembangunan kota ramah air (pengendalian banjir), Peningkatan dan perbaikan jalan serta drainase, membangun rumah layak huni bagi warga berpenghasilan rendah.
  • Melanjutkan program Kelurahan Tangguh Bencana Alam dan Non Alam (Covid-19) di setiap Kecamatan (bersama TNI, Polri, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat).
  • Membangun terminal kota, penerangan jalan, menata fasilitas dan manajemen lalu lintas untuk mengatasi kemacetan.
  • Membangun objek wisata baru ramah lingkungan disetiap kecamatan. Dan bantuan home stay disekitar objek wisata.
  • Melanjutkan pembangunan ruang terbuka hijau dan ruang terbuka non hijau, (Taman kota), dilengkapi fasilitas internet publik.
  • Meningkatkan pelayanan public melalui Cerdas Command Center (C3), Call Center 112.
  • Meningkatkan fasilitas dan layanan Mall Pelayanan Publik Terpadu untuk urusan:
    a. Semua perizinan (IMB, Ijin usaha ijin Lingkungan, dan lain-lain)
    b. Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Akta Kelahiran, Akta Kematian, Akta Perkawinan, Akta Perceraian.
    c. Surat Izin Mengemudi (SIM).
    d. Urusan imigrasi (Pasport).
    e. Membangun system dan informasi layanan public yang mudah diakses public.
  • Meningkatkan kualitas SDM aparatur dan manajemen atau tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel, serta pemberian insentif dan honor untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) melalui peningkatan TTP, pakaian kerja dan pakaian Olah raga sekali setahun, Peningkatan honor Tenaga Harian Lepas (THL, Guru PAUD/SD/SMP) dan peningkatan honor Kepala Lingkungan setiap bulan.
  • Menciptakan ruang dialog antara Walikota dan Wakil Walikota (Pemerintah) dengan Rakyat minimal sebulan sekali di ruang terbuka untuk dengar aspirasi rakyat.
  • Melanjutkan program Manado kota Doa dan Rukun dan aman, bersama Rohaniwan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, TNI, Polri dan Pers. Dan Membangun taman seni atau budaya (bangun rumah adat masing-masing suku atau etnis dalam satu lokasi), serta peningkatan insentif rohaniwan setiap bulan.
Baca Juga:  Edisi Senin, 28 September 2020

Melengkapi visi yang sudah dijabarkan di atas, pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Manado, Prof. DR. Julyeta PA Runtuwene, MS dan DR Harley Mangindaan, SE telah menyiapkan lima PAHAM, diantaranya: PAHAM peduli kesehatan rakyat, PAHAM peduli kecerdasan rakyat, PAHAM peduli ekonomi rakyat, PAHAM peduli infrastruktur dan lingkungan, PAHAM peduli tata kelola pemerintah yang bersih, rukun dan aman.

Ai Firman Mustika, SH juru bicara PAHAM

Menurut juru bicara pasangan calon PAHAM, Ai Firman Mustika, SH, visi dan misi yang sudah dipaparkan di atas adalah pro rakyat dan pembangunan Kota Manado.

Baca Juga:  Besok Putusan MK, Pilkada Manado Berpotensi Lanjut Sidang Acara Pembuktiaan

“Kami yakin, masyarakat Kota Manado sudah Cerdas dalam memilih dan menentukan pilihannya pada 9 Desember 2020 nanti, karena itu kami optimis akan mendapatkan mandat dari rakyat,” tandas Mustika, yang juga advocad di Manado yang sudah beberapa kali memenangkan kliennya. (rin/*)

COMMENTS