HomeBerita Utama

Pastikan PMI Bebas Mengakses Data, BP2MI Bertemu Kemendagri

Rapat koordinasi dipimpin Dirjen Dukcapil Kemendagri

EXPOSEMEDIA, JAKARTA – Merawat stamina bekerja melayani Pekerja Migran Indonesia (PMI). Rabu, (11/5/2022), Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) melakukan koordinasi bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia.

Koordinasi dipimpin langsung Kepala BP2MI, Benny Rhamdani. Kehadiran Benny bersama Deputi, dan sejumlah Direktur itu diterima Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh. Benny menyampaikan terkait penyesuain regulasi untuk kepentingan sinergitas, dan terlebih adalah demi hak-hak PMI.

“Kerja sama BP2MI dan Kemendagri terkait pemberian Hak Akses ini sejak 2013. Untuk penyesuaian regulasi, yang menyanggah matangkan koordinasi, terlebih demi menunjang hak-hak yang harus diperoleh, maka koordinasi ini penting dilakukan. Saya berharap Pak Dirjen Dukcapil, merespon beberapa tindaklanjut dari beberapa koordinasi yang telah dilakukan sebelumnya,” ujar Benny yang didampingi Deputi, Gatot Hermawan.

Baca Juga:  Tangkap Pelaku dan Aktor Intelektual Aksi Anarcho Korbankan Ade Armando

Benny hadir bersama Ketua Komite II DPD RI, Sylviana Murni. Menurut Benny dalam rangka mempermudah PMI untuk mengakses data-data mereka maka diperlukan penyesuaian dari Kemendagri. Termasuk Benny menyentil soal Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No. 102. tahun 2019.

Pihak Kemendagri memaparkan data

“Kerja kolaborasi yang sudah lama kita bangun tersebut hingga membuahkan hasil seperti keluarnya Permendagri tentang Pemberian Hak Akses Dan Pemanfaatan Data Kependudukan. Dalam Permendagri Nomor 102 tahun 2019 itu mengatur tentang hak akses data yang manfaatnya nanti untuk PMI. Inilah upaya kita bekerja sungguh-sungguh, tiap saat demi PMI tercinta. Semua menjadi transparan,” kata Benny tegas.

Baca Juga:  1 September Test SKB, CPNS Manado Wajib Protap Covid

Dirjen Dukcapil memberi apresiasi. Tidak hanya itu, menurut Zudan Kemendagri membuka ruang dan akan merespon cepat masukan, saran yang disampaikan BP2MI. Bahwa tugas pemerintah memberi pelayanan terbaik untuk masyarakat juga menjadi perhatian Kemendagri.

“Dalam koordinasi banyak hal yang kami catat. Prinsipnya Kemendagri akan siap menerima masukan BP2MI, koreksi, dan menindaklanjuti untuk perbaikan pelayanan. Ketika hal teknis ada hambatan, kami akan tindaklanjuti. Terima kasih Pak Benny Rhamdani, Kepala BP2MI dan jajaran yang sudah datang untuk berkoordinasi,” kata Zudan. (*/Amas)

COMMENTS