HomeNasional

Tandatangani MoU, Kepala BP2MI Sentil Pelindungan 3 Dimensi

Deputi Lasro saat menandatangani MoU dan disaksikan Kepala BP2MI

JAKARTA, EXPOSEMEDIA – Bertempat di Command Center kantor Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), Jakarta, Jumat, (18/3/2022) resmi dilakukan penandatanganan Momerandum of Understanding (MoU) dengan Presiden Indonesian Diaspora Network of The Americas (IDNA),

Kepala BP2MI, Benny Rhamdani, menyampaikan apresiasi dan berharap agar kerjasama dengan IDNA Houston Amerika Serikat memberi dampak positif bagi Pekerja Migran Indonesia (PMI). Benny menyebut pengaturan, koordinasi penempatan dan pelindungan PMI akan lebih efektif lagi dilakukan.

“Saya menyambut baik dan mengapresiasi atas proses penandatanganan MoU ini. Tentu harapan kita kerja kolaborasi ini akan memperkuat posisi PMI di Amerika Serikat. Tidak hanya itu, kerja sama ini akan memudahkan, mengefektifkan pemerintah dalam hal penempatan dan pelindungan PMI,” ujar Benny tegas.

Sambutan Kepala BP2MI, Benny Rhamdani

Lanjut pria yang akrab disapa Brani ini menjelaskan soal program prioritas BP2MI serta pelindungan 3 (tiga) dimensi. Menurut Brani mitra kerja sama di luar negeri difungsikan juga untuk menjembatani informasi potensi kerja sama untuk market intelligent dan peliang kerja berdaya saing tinggi, profesional.

Baca Juga:  PPP Sulut Rekom ODSK 2 Periode

“Perjuangan saya adalah BP2MI akan menuntaskan 9 program strategis. Apalagi tahun 2022 merupakan tahun penempatan. Saya butuh sinergi yang kuat dari berbagai pihak. Dan Pelindungan 3 dimensi menjadi fokus saya, yakni Pelindungan hukum, ekonomi, dan Pelindungan sosial,” tutur Benny, pimpinan Komite I DPD RI periode 2014-2019 itu.

Sementara itu, Konjen RI Houston, Andre Omer Siregar dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kepala BP2MI. Melalui kerja resmi, Andre berharap penempatan dan pelindungan terhadap Pekerja Migran Indonesia makin terarah, teroganisir dilakukan.

Sesi foto bersama

“Terima kasih saya sampaikan kepada Kepala BP2MI, Pak Benny Rhamdani atas dilaksanakannya penandatanganan Nota Kesepahaman ini. Kiranya Diaspora Network of The Americas, dapat berkontribusi untuk pembangunan di Indonesia. Semoga kerja sama ini berjalan dengan lancar,” kata Andre.

Baca Juga:  Temui 20 PMI Non Prosedural, Kepala BP2MI Tegas Sampaikan Komitmen Presiden Jokowi

Untuk diketahui, penandatanganan MoU ini tidak lain adalah tindaklanjut dari hasil kunjungan Tim BP2MI ke Amerika Serikat pada September 2021 lalu. Seperti disampaikan Deputi Lasro Simbolon.

“Kita mewujudkan kerja sama ini yang tidak lain merupakan tindaklanjut dari kunjungan BP2MI ke Amerika. Tentu harapan dan target kita adalah membangun kerja sama konstruktif. Bahwa ada aspek-aspek positif yang akan akan kita laksanakan, demi penempatan PMI yang berkualitas di Amerika,” ujar Lasro, Deputi Penempatan dan Pelindungan Kawasan Amerika dan Pasifik ini usai menandatangani MoU. (Amas)

COMMENTS