HomeKota Manado

GSVL Walikota Manado Pertama Gelar HUT RI di Puncak Manado Tua

GS.Vicky Lumentut, Walikota Manado saat menjadi Irup detik-detik proklamasi di Puncak Manado Tua, Senin (17/8/2020). (foto: istimewa)

EXPOSEMEDIA.ID, MANADO – Perayaan detik-detik proklamasi, HUT ke – 75 RI yang dilaksanakan Senin (17/8) kemarin, menjadi catatan sejarah penting bagi warga Kota Manado, khususnya Pemerintah Kota Manado di bawah kepemimpinan walikota GS. Vicky Lumentut.

Pasalnya, untuk pertama kalinya dalam sejarah pemerintahan otonomi daerah di Kota Manado, perayaan detik-detik proklamasinya dipusatkan di Puncak Manado Tua.

Tak hanya itu. Upacara memperingati hari patriotik kemerdekaan Indonesia tersebut juga digelar secara bersamaan di beberapa titik lain di Kota Manado secara virtual.

Perdana: HUT RI ke 57 digelar di Puncak Manado Tua.(istimewa)

Informasi yang dirangkum EXPOSEMEDIA.ID, lokasi lain yang menjadi tempat upacara virtual adalah Taman Godbless Boulevard, Kantor Dinas Pariwisata, dan Pantai Karangria.

Baca Juga:  Komunitas Kopia Karanji Ajak Warga Manado Rawat Kebersamaan

Tak hanya itu. Kegiatan lain berupa pembacaaan Teks Proklamasi dan doa, digelar terpisah yaitu di Ruang Paripurna DPRD Kota Manado dengan pusat virtualisasi upacara dikendalikan dari Pusat Kendali TIK Pemerintah Kota Manado, Cerdas Command Center.

Upacara HUT Kemerdekaan tersebut dimulai sekitar pukul 10.00 Wita dipimpin Komandan Upacara Kapten Chb Nixon Noldy Kukus dari Kodim 1309 Manado dan dikoordinir langsung Asisten Administrasi Umum, Peter Assa
dan Cerdas Command Center Pemerintah Kota Manado.

Untuk petugas Pembacaan Teks Proklamasi dibawakan Ketua DPRD Kota Manado, Dra Aaltje Dondokambey MKes Apt. dan Doa oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Manado, H. Irwan Musa dan diikuti Pejabat Sipil dan Militer di Kota Manado.

Baca Juga:  Hadir Bersama JPAR, Walikota GSVL Buka Musda Ke X Pemuda Muhammadiyah Manado

Menariknya, GSVL yang menjadi inspektur upacara HUT RI ke 57 di Puncak Manado Tua tersebut, tegas mendeklarasikan Kota Manado merdeka dari Covid 19.

“Mulai hari ini, Senin 17 Agustus 2020, dari puncak Manado Tua ini, kita deklarasikan Manado merdeka dari Covid 19, pariwisata di Kota Manado tempat hiburan, hotel dan tempat-tempat perbelanjaan, Torang buka kembali dengan tetap disiplin menjaga protokol kesehatan,” ucap GSVL sapaan akrab walikota dua periode ini. (ale/*)

COMMENTS