HomeBerita Utama

Buka Rakornis BP2MI, Menko Airlangga Dukung Penuh Tahun Penempatan PMI

Sambutan Kepala BP2MI

EXPOSEMEDIA, BALI – Kegiatan Rakornis yang dilaksanakan, Rabu, 27-30 Juli 2022, di the Stones Hotel Bali ini dibuka Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto. Dalam sambutannya, Airlangga mengapresiasi kegiatan yang digelar BP2MI ini.

“Saya mengapresiasi dan mendukung kegiatan Rakornis yang digelar BP2MI di tahun 2022 ini. Tentu sangat penting, dan bermanfaat. Dimana dengan Rakornis, pemerintah daerah, swasta, Kementerian Lembaga terkait, dan jajaran BP2MI bisa duduk bersama membahas penyelerasan program. Targetnya, membangun sinergi kolaborasi,” kata Airlangga, yang juga Ketua Umum DPP Partai Golkar ini, Kamis, (28/7/2022).

Airlangga dalam kesempatan membuka secara resmi Rakornis BP2MI tersebut. Menurut Airlangga, pemerintah atas turus berusaha maksimal memenuhi harapan para Pekerja Migran Indonesia (PMI). Menko Airlangga juga menyoroti tentang pelatihan calon PMI dan pentingnya pemberdayaan purn PMI.

Baca Juga:  Senator Djafar Alkatiri: Pemerintah Pertimbangkan Kembali Penutupan Total Rumah Ibadah dalam PPKM

“Tentu saya juga mendukung penuh Tahun Penempatan PMI yang dicanangkan BP2MI. PMI harus dipermudah dalam mengakses anggaran pemerintah. Dan saya katakan pemerintah terus mendorong agar Lembaga Keuangan yang menjadi mitra pemerintah untuk mempermudah PMI. Termasuk fasilitas berupa KUR dan Dana PEN juga kita prioritaskan bagi PMI, untuk dikelola atau melalui BP2MI,” ujar Airlangga tegas.

Menko Perekonomian saat sambutan di Rakornis BP2MI

Dalam kesempatan pembukaan Rakornis 2022, bertema: Penguatan Lembaga BP2MI, Demi Kuatnya Pelindungan PMI, dari Internalisasi dan Kolaborasi menuju Gerakan Aksi, ini mendapat dukungan lembaga DPR RI.

Baca Juga:  Glorifikasi PMI, Benny Rhamdani: Derajat Kalian Sama Seperti Pejabat Publik

“Kegiatan yang melibatkan seluruh stakeholder seperti ini sangat penting. Kami mendukung, apa yang dilakukan Pak Benny Rhamdani sebagai Kepala BP2MI. Termasuk dalam usaha memperjuangkan penambahan anggaran di DPR. Kegiatan ini juga sebagai langkah meningkatkan pemulihan ekonomi. Sehingga, kita harapkan memberi efek positif pada kesejahteraan PMI,” tutur I Ketut Kariyasa, Anggota Komisi IX DPR RI yang juga wakil rakyat dari Dapil Bali ini.

Sementara itu, dalam sesi sambutan, Kepala BP2MI, Benny Rhamdani, menyampaikan terima kasih pada semua pihak yang selalu membantu BP2MI. Benny mengaku selalu terpacu semangatnya jika mengingat pesan dan titipan Presiden Jokowi untuk melindungi PMI.

Benny menjelaskan terkait Tahun Penempatan

“Terima kasih Pak Menko Airlangga Hartarto atas sinergi dan bantuannya pada BP2MI. Inilah wujud kepedulian negara yang nyata pada PMI. Termasuk semua pihak yang membantu kami, saya haturkan banyak terima kasih. Dalam kondisi keterbatasan sekalipun, saya selalu bergelora semangatnnya untuk PMI. Terlebih ketika mengingat pesan Presiden Jokowi untuk melindungi PMI dari ujung rambut, sampai ujung kaki,” kata Benny.

Baca Juga:  Simbol ET kian Tren di Kalangan Anak Muda Indonesia

Setelah pembukaan Rakornis, dilanjutkan dengan penandatanganan MoU antara BP2MI dan pemerintah daerah. Sekaligus pihak perguruan tinggi, juga swasta. pembahasan materi singkronisasi. Pemaparan dan penjelasan dari Deputi. Kemudian pendalaman materi. (*/mas)

COMMENTS