HomeEkonomi dan Bisnis

Koperasi Wakaf Umat Bersiap Gelar Halal Bihalal di Pasar Bersehati

Makan bersama usai rapat Koperasi Wakaf Umat (Foto Exposemedia)

EXPOSEMEDIA.ID, MANADO – Peran aktif Yayasan Maasing Mandiri Sejahtera (YMMS), tidak sekedar konsen pada aspek melayani ‘rumah masa depan’ semata. Lebih dari itu, Yayasan yang dipimpin Julkifly Sigar selaku Ketua ini kini bergerak di bidang ekonomi. Terlebih untuk membantu peningkatan ekonomi pedagang.

Hal tersebut seperti yang disampaikan Kif Togo, begitu Julkifly akrab disapa saat rapat pengurus YMMS, Jumat (21/5/2021) di Pasar Bersehati Manado. Komitmen YMMS untuk peduli pada kepentingan para pedagang ditunjukkan dengan mendirikan Koperasi. Dalam rapat yang juga dihadiri Reiner Ointoe, selaku Pembina Koperasi, Kif Togo menyampaikan akan menggelar kegiatan peradana.

Baca Juga:  Di Tengah Pandemi dan Lesunya Ekonomi, WAO Sulut Berbagi Bantuan

‘’Yayasan Maasing Mandiri Sejahtera telah melahirkan Koperasi yang bernama Koperasi Wakaf Umat. Kita harapkan koperasi ini menjadi garda terdepan dalam mendorong percepatan ekonomi pedagang. Sekira meninggu depan, sesuai rapat mala mini bahwa kami akan menggelar Halal Bihalal,’’ ujar Kif Togo, Jumat (21/5/2021) kepada sejumlah wartawan di Pasar Bersehati Manado.

Lanjut disampaikan Kif yang juga pedagang pasar Bersehati tersebut memaparkan terkait tujuan dibentuknya Koperasi Wakaf Umat. Bersama sejumlah tokoh pedagang di pasar tradisional Kota Manado, terlebih yang berpusat di Pasar Bersehati Manado, Kif bertekad meningkatkan kemandirian ekonomi pedagang. Terutama membantu pedagang agar tidak tercekik dengan kepentingan rentenir.

Rapat persiapan Halal Bihalal Koperasi Wakaf Umat (Foto Exposemedia)

‘’Kami juga menyaksikan langsung, bahkan sejumlah teman-teman pedagang tercekak karena berurusan dengan rentenir. Ya, tentu soal minjam-meminjam untuk modal usaha. Maka dengan itu, kehadiran Koperasi Wakaf Umat ini akan membantu pedagang. Agar terbebas dari kendali atau penguasaan para rentenir. Bayangkan saja, pedagang meminjam uang dengan komitmen penyembalian bunga yang cukup tinggi. Bagaimana pedagang mau mandiri kalau begitu,’’ kata Kif Togo.

Baca Juga:  Zachawerus: di Manado Belum Ada PERDA yang Harmonis dengan UU Cipta Kerja

Sementara itu, soal rencana pelaksanaan Halal Bihalal pihaknya berencana melaksanakan kegiatan di Pasar Bersehati dengan mengundang pemerintah Kota Manado bersama jajaran Direksi Perusahaan Daerah (PD) Pasar Manado.

‘’Kita mala mini juga bersepakat melaksanakan kegiatan Halal Bihalal. Ini kegiatan perdana yang dirangkaikan dengan deklarasi penegasan secara resmi tentang keberadaan Koperasi Wakaf Umat. Pada kegiatan Halal Bihalal nanti kita juga mengundang pemerintah Kota Manado, Direksi PD Pasar Manado, serta tokoh ekonomi. Tentu dengan mematuhi protokol kesehatan COVID-19,’’ tutur Kif Togo yang diaminkan Hi. Deny serta beberapa tokoh pedagang lainnya. (*/Amas)

COMMENTS