HomeRegionalSulawesi Utara

Dirut PD Pasar Manado Terima SK sebagai Sekretaris DPD KNPI Sulut, Rio Dondokambey Dibayang-Bayangi

Lembaran SK DPP KNPI kubu Abdul Aziz (Foto Istimewa)

EXPOSEMEDIA.ID, MANADO – Komposisi kepengurusan Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kubu Ketua Umum Abdul Aziz dan Sekretaris Jenderal Yamitema Tirtajaya Laoly relatif dapat diperhitungkan.

Pasalnya, mereka yang ditunjuk sebagai Ketua DPD KNPI Sulut dari Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) adalah figur yang terbilang senior dibanding kubu KNPI Fajrie yang dipimpin Rio Dondokambey di Sulut. Tak main-main, Surat Keputusan (SK) pengesahan caretaker DPD KNPI Sulut dipimpin Kristovorus Deky Palinggi, SE yang pernah menjadi Ketua DPD KNPI versi Fahd A Rafiq beberapa tahun lalu.

Baca Juga:  BOLTIM: Rival Politik Mulai Sesak Napas, SBRG pun Diserang Kampanye Negatif

Menariknya dalam SK tersebut, posisi Sekretaris DPD KNPI Sulut ditempati Jootje Robert Rumondor, SE, yang tidak lain adalah Direktur Utara (Dirut) Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Manado. Masuknya Oceng, begitu Jootje akrab disapa menuai tanggapan positif dari sejumlah pihak. Menurut mereka, kubu Rio akan ketar-ketir menghadapi formasi Deky Palinggi-Oceng.

Sahlan, salah satu aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Manado mengkalkulasi bahwa kehadiran KNPI versi Abdul Aziz mendakan bahwa KNPI berada pada 3 kubu secara nasional. Secara kekuatan senioritas, Sahlan mengaku dalam konteks sepak terjang Decky dan Oceng akan lebih memiliki peran kuat mewarnai gerakan kepemudaan di Sulut.

Baca Juga:  Berbagi Bantuan, Ketua Esport Sulut Support Penuh Kegiatan WAO

‘’Dengan adanya SK dari kubu Abul Aziz, ini bertanda kalau KNPI di tingkat pusat ada 3. Padahal, yang kami ketahui hanya Kanda Haris dan Bung Jakcson Kumaat di DPP KNPI yang merupakan hasil Kongres Bogor 2018. Dari aspek pengalaman tentu Rio Dondokambey kelimpungan melawan Decky dan Oceng. Realitas ini menegaskan bahwa KNPI di Sulut bukan hanya Rio,’’ kata Sahlan.

Di tempat terpisah, beberapa aktivis mengatakan keberadaan Oceng selaku Dirut PD Pasar Manado akan menjadi plus-minus tersendiri bagi KNPI Sulut versi Abdul Aziz. Meski begitu, mereka berharap kompetisi program KNPI di Sulut akan berujung pada penyatuan.

Baca Juga:  Siapkan 160 Miliar Untuk Jaminan Sembako, Yasti Ajukan PSBB

Untuk diketahui, kubu Abdul Aziz di Sulut sebelumnya menjabat Ketua DPD Provinsi adalah Jimmy Ringkuangan. Kini beralih ke Deky Palinggi melalui Keputusan Nomor : KEP.008/DPP KNPI/IV/2021, tertanggal 8 April 2021. Jadinya, semangat penyatuan KNPI melalui Kongres 2021 akankah berjalan mulus?. Kita menunggu dinamika yang akan terjadi. (*/mas)

COMMENTS