HomeSulawesi Utara

Inovatif, Olly Dondokambey Sabet CNBC Indonesia Award

Olly Dondokambey

EXPOSEMEDIA.ID, MANADO – Di tengah situasi pandemi Covid 19, sebuah prestasi malah dibukukan Gubernur Sulut ‘non aktif’ Olly Dondokambey.

Gubernur yang tengah menjalani masa cuti kampanye Pilkada 2020 ini, dinilai sebagai salah satu kepala daerah di Indonesia yang mampu berinovasi dan menjadikan sektor pertanian sebagai motor penggerak perekonomian dimasa pandemi Covid-19.

Atas prestasinya itu, Olly Dondokambey didapuk sebagai salah satu penerima Award The Best Leader – The Innovative Leader in Agroindustry dari CNBC Indonesia,  berkat upaya menyelamatkan sektor pertanian di saat pandemi Covid-19.

Baca Juga:  Pergantian Kumtua Ternyata Tidak Melanggar Aturan

Olly berhasil meningkatkan nilai tukar petani (NTP) di Sulut hingga angka 98,23. Ia juga dinilai berhasil mempertahankan kesejahteraan petani saat pandemi Covid-19 memukul semua sendi perekonomian.

“Kerja sama masyarakat Sulawesi Utara dan pemerintah yang kerja sama membawa hasil-hasil yang maksimal, baik dalam penanganan Covid-19 maupun peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sehingga nilai tukar petani meningkat,” kata Olly usai menerima penghargaan di Gedung Transmedia, Jakarta, Jumat (23/10).

Dua program yang digagas Olly menjadi perhatian publik. Pertama, ia mengadakan program asuransi pertanian dengan menjamin lahan tani dan ternak lima ribu petani jika terjadi gagal panen.

Baca Juga:  PPP Sulut Rekom ODSK 2 Periode

Selain itu, Olly juga mengupayakan ekspor pangan di tengah pandemi, salah satunya dengan membuka penerbangan ekspor mandiri dari Sulut ke Jepang.

Komoditas seperti gula aren, bawang, dan berbagai rempah dengan total 12 ton diekspor ke Jepang awal September. Ia juga memfasilitasi ekspor bagi provinsi sekitar yang ingin menjual komoditas.

“Kami ekspor rempah-rempah ke Negeri Sakura, akan berlanjut terus. Minggu ini sudah sekitar 20 ton,” tuturnya.

Politikus PDIP itu berterima kasih kepada CNBC Indonesia atas penghargaan yang ia terima dan mendedikasikannya kepada masyarakat Sulut.

Baca Juga:  JAK Apresiasi Penyampaian LKPJ Gubernur, Juga Beri Saran Lirik Pajak Pertambangan

“Sulut tambah hebat. Semua ini kami persembahkan ke masyarakat,” ujar Olly.

Selain Olly, CNBC Indonesia memberi penghargaan ke dua pimpinan daerah lainnya. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerima anugerah The Inspiring Leader, sedangkan Gubernur Sulteng Longki Djanggola menerima penghargaan The Outstanding Leader in Investment. (cnni/*)

COMMENTS