HomeBerita KotaKota Manado

Legislator Manado Minta Percepat Bansos

Anggota DPRD Kota Manado, Lily Binti, SE

EXPOSEmedia, Manado — Respon cepat pemerintah Kota Manado dalam upaya mencegah dan menangani Virus Corona mendapat dukungan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado.

Seperti disampaikan Lily Binti, SE, anggota DPRD Kota Manado, Selasa (7/4/2020). Ketua Fraksi Golkar ini meminta pemerintah Kota Manado mempercepat bantuan sosial (bansos).

“Selaku wakil rakyat kami mendukung penuh langkah cepat pemerintah Kota Manado dalam pencegahan Covid-19. Sejumlah tempat cuci tangan yang disediakan ini positif. Semoga segala fasilitasnya dipenuhi, sabun dan airnya diperhatikan selalu. Nah, pertanyaan sekarang masyarakat menunggu kejelasan bantuan sosial,” ujar Lily.

Baca Juga:  Edisi Sabtu, 5 Desember 2020

Ditambahkannya lagi Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Manado yang telah mengeluarkan petunjuk kepada Camat lalu melalui Lurah dan Kepala Lingkungan melakukan pendataan juga harus secara transparan juga tepat sasaran penyalurannya. Lily mengkhawatirkan jangan sampai instansi terkait kalah cepat gerakannya dengan Wali Kota Manado, DR. GS Vicky Lumentut.

“Jangan sampai Wali Kota sudah berupaya semaksimal mungkin, tapi SKPD tidak siap. Dinas Sosial Kota Manado melakukan pendataan kepada masyarakat dan sampai saat ini masyarakat menunggu bantuannya. Semoga dipercepat,” kata politisi vokal ini.

Baca Juga:  Edisi Rabu, 10 Juni 2020

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan Wenang-Wanea itu menyampaikan sejumlah usaha yang dilakukannya untuk menjawab pertanyaan masyarakat terkait kapan distribusi bantuan itu dilakukan.

Pengurus DPD Partai Golkar Kota Manado itu menyarankan agar sistem pembagian bantuan juga dapat diatur pemerintah Kota Manado agar terhindar dari kerumunan masyarakat.

“Saya sudah bertanya ke Camat katanya lagi menunggu mekanisme dari Wali Kota tentang penyalurannya seperti apa. Dan sampai saat ini belum ada kriteria untuk para penerima bantuan. Makanya, pemerintah harus jelas sampaikan ke masyarakat, mana saja masyarakat yang akan menerima bantuan dan mana yang tidak. Kemudian, pembagiannya harus betul-betul diatur agar kita mematuhi bersama social distancing,” tutur Lily menutup.

Baca Juga:  CEP Bakal Dampingi SSK-SS Daftar di KPU Manado

Dihubungi terpisah Exposemesdia, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, Drs. Sammy Kaawoan menyampaikan bahwa setelah perampungan data pihaknya menyerahkan keseluruhan data kepada Gugus Tugas Kota Manado untuk proses lanjutannya.

“Iya untuk diketahui domain Dinsos saat ini adalah menerima data hasil pendataan dari Kelurahan dan Kecamatan. Data itu kita berikan ke Satgas Covid-19, kalau penyeluran bantuan bukan ranah kami,” kata Sammy yang juga mantan Camat Wanea ini singkat. (*/Amas)

COMMENTS