HomeRegional

Siapkan 160 Miliar Untuk Jaminan Sembako, Yasti Ajukan PSBB

Yasti Soepredjo, Bupati Bolaang Mongondow.

EXPOSEmedia, BOLMONG – Langkah tegas dan berani diambil Bupati Bolaang Mongondow, Yasti Soepredjo. Demi melindungi warganya dari ancaman wabah COVID-19, mantan anggota DPR RI ini mengajukan status PSBB untuk daerah Bolmong.

Tak hanya itu. Yasti juga rela menggelontorkan dana APBD 2020 sebanyak 120 Milliar untuk subsidi bahan pokok buat warganya selama masa-masa krisis wabah Corona.

Menurut Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD), Rio Lombone, anggaran tersebut diambil dari
Refocusing yang dilakukan dalam APBD Kabupaten Bolaang Mongondow,  untuk menjamin kebutuhan pokok warga yang terdampak Covid-19.
“Anggaran ini untuk menjamin ketersedian kebutuhan pokok warga kurang mampu selama kondisi pandemic dan jika permohonan PSBB disetujui. Anggaran itu sudah kami hitung sampai bulan Desember,” Kata Rio.

Baca Juga:  Bupati Garansi, THR ASN DIBAYAR Tepat Waktu

Selain untuk kebutuhan pokok warga kurang mampu dan terdampak Covid-19, anggaran yang disiapkan juga untuk sektor pertanian, perikanan dan kesehatan “Jadi selain untuk ketahanan pangan, bahan pokok. Anggaran ini juga diperuntukan untuk ketersediaan bibit dimana setiap warga juga minta memaksimalkan pekarangan rumahnya seperti yang dimintakan Sekretaris Daerah beberapa waktu lalu. Sektor perikanan dan kesehatan berupa Alkes, obat obatan dan APD,” ungkap Rio.
Sumber lainnya adalah penambahan dari dana desa.
“Termasuk anggaran Dana Desa juga dialihkan untuk PSBB dan pencegahan penyebaran Covid-19, 10 sampai 15 persen wajib dialokasikan,” pungkasnya.

Baca Juga:  AMTI Warning Sekprov Edwin Silangen Segera Lepaskan Jabatan

Sekretaris Daerah, Tahlis Gallang, sebelumnya juga telah menyampaikan pergesaran anggaran di masing masing SKPD yang tidak berhubungan langsung dengan pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bolmong. (rin/*)

COMMENTS

Open chat
Berlangganan