HomeKota Manado

FKUB Manado Gelar Sosialisasi Kerukunan, Ini Penegasan Wali Kota Manado

Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut saat sambutan (Foto Exposemedia)

EXPOSEMEDIA.ID, MANADO – Mengangkat tema: ‘’Moderasi Beragama Dalam Merawat Kerukunan di Kota Manado’’, pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) yang dipimpin Pdt. Renata Tikonuhu sebagai Ketua menggelar sosialisasi terkait kerukunan.

Dalam sesi sambutan, Wali Kota Manado, Dr. GS Vicky Lumentut, Kamis (22/4/2021) bertempat di Hotel Four Points Manado menyampaikan pentingnya peran tokoh agama dalam mewujudkan iklim komunikasi sosial yang kondusif. Menurut Wali Kota Manado 2 periode itu, kerukunan sebagai bagian fundamental dalam pembangunan daerah.

‘’Sosialisasi ini penting. Kenapa demikian, karena kerukunan menjadi faktor kunci dalam pembangunan. Kerukunan inilah hal fundamental, jika situasi daerah tidak kondusif, maka tentu pembangunan macet. Bahkan daerah mengalami ketertinggalan. Itu sebabnya, saya selalu mengajak kita semua memupuk kerukunan. Menjaga kebersamaan, toleransi dan sikap gotong royong harus dikedepankan,’’ kata Vicky Lumentut.

Peserta Sosialisasi mendengarkan sambutan Wali Kota Manado (Foto Exposemedia)

Lanjut mantan Sekretaris Daerah Kota Manado ini menjelaskan panjang lebar soal programnya yang selalu berpihak dan menarik keterlibatan para tokoh agama dalam pembangunan. Vicky mengatakan dengan kerja sinergis, partisipasi masyarakat ditumbuhkan maka pembangunan daerah berlangsung dengan baik.

Baca Juga:  UPT BP2MI Manado Fasilitasi Pemulangan PMI-B dari Kepulauan Riau

‘’Dari keterlibatan para tokoh agama, semua kemelut atau konflik yang terjadi di tengah masyarakat dapat diminimalisir. Bahkan kita berhasil meredam konflik panah wayer, tauran antar kampung yang pernah terjadi. Kenapa kemudian saya selalu mengutamakan tokoh agama karena saya sadar betul dari pencerahan dan peran kepeloporan tokoh agama, pembangunan di daerah ini berjalan dengan baik. Tanpa adanya kekacauan sosial,’’ tutur Vicky Lumentut yang juga mantan Ketua Umum APEKSI ini.

Tidak hanya itu, Vicky mengaku bahwa beberapa program belum maksimal dijalankannya karena situais Covid-19 dan kendala-kendala teknis yang menyebabkan segala niat baiknya membangun Manado belum sepenuhnya terwujud. Ia berharap pembangunan ke arah yang lebih baik dan maju dapat terus tumbuh di Kota Manado.

Sesi foto bersama usai Sosialisasi (Foto Exposemedia)

‘’Saya di periode kedua juga merancang banyak hal. Tapi karena kendala lapangan, belum semuanya dapat saya laksanakan. Mari kita terus menumbuhkan rasa peduli dan membangun daerah Manado yang kita cintai ini secara baik. Apa yang belum terwujud dalam program saya bersama Pak Mor Bastiaan, silahkan Bapak/Ibu para tokoh agama dapat melanjutkannya sesuai peran dan kemampuan kita masing-masing,’’ ujar GSVL, begitu Lumentut akrab disapa.

Baca Juga:  Walikota GSVL: Puji Tuhan Manado Terima WTP Lagi

Untuk diketahui, dalam segmen diskusi FKUB Manado menghadirkan stakeholder terkait. Para narasumber diantaranya Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut, Kapolresta Manado, Dandim 1309 Manado, dan Kepala Kejaksaan Negeri Manado. Sosialisasi kerukunan ini berjalan atas kerja sama FKUB Manado bersama tokoh agama/rohaniawan di Kota Manado. Yang bertindak selaku moderator adalah Hi. Sofyan Lapasau, yang juga Sekretaris FKUB Kota Manado. (*/Amas)

COMMENTS