HomeRegionalGorontalo

Mantan Cagub Sulut David Bobihoe Berpulang

Alm. David Bobihoe

EXPOSEMEDIA.ID, GORONTALO – Kabar duka berhembus dari tanah serambi Medinah, Provinsi Gorontalo. Mantan Calon Wakil Gubernur Sulawesi Utara 2014, David Bobihoe Akib, dikabarkan berpulang pada Kamis (16/7) kemarin pukul 13.55 Wita di RS Aloei Sabu, Kota Gorontalo.

Putra Gorontalo kelahiran 30 Oktober 1955 ini, tidaklah asing bagi warga Sulawesi Utara. Karir birokrat almarhum dimulai tahun 1976 sebagai staf Humas Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dengan pangkat golongan IIA.

Almarhum juga pernah menempati posisi sebagai Kepala Dinas Pariwisata Kota Gorontalo (1996) dan setahun kemudian menjadi Kepala Biro Humas Provinsi Sulawesi Utara (1997).

Baca Juga:  Asyik Miras, 2 Perempuan Plus 3 Remaja Pria Ditangkap Polisi

Awal tahun 2001 setelah pemekaran Provinsi Gorontalo , suami tercinta Hj. Rahmijaty Jahja, memilih hijrah ke Provinsi Gorontalo, hingga kemudian menjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo (2001).

Dalam perkembangannya, David Bobihoe terpilih sebagai Bupati Gorontalo untuk masa jabatan 2005-2011 hingga periode keduanya 2011-2016.

Di awal pemerintahan, almarhum langsung membentuk program Goverment Mobile. Kegiatan ini pun terus berlangsung setiap tahun hingga sekarang dan telah menjadi agenda tahunan, dilakukan secara bergilir di setiap kecamatan.

Lima tahun silam atau 2014, almarhum sempat maju sebagai Calon Wakil Gubernur Sulut dan berpasangan dengan Calon Gubernur Elly Engelbert Lasut. Namun di tengah jalan, Elly terganjal oleh aturan dan digantikan oleh Cagub Benny Mamoto, tapi kalah tipis dari Cagub ODSK yang akan kembali bertarung untuk periode keduanya.

Baca Juga:  Polda Sulut Bongkar Sindikat Pencurian Ranmor

Setelah lama tak terdengar, Kamis (16/7) kemarin, almarhum yang sempat dirawat di RS Aloei Saboe Gorontalo, dikabarkan meninggal dunia.

Menurut rencana keluarga, almarhum David Bobihoe Akib, akan disemayamkan di rumah duka di Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo dan dimakamkan di pekuburan keluarga di jalan Kasuari, Kota Gorontalo.
Selamat jalan pak David Bobihoe, semoga Husnul Khotimah. Aamiin. (***)

COMMENTS