HomeKota Manado

Resmi Buka Pelatihan, Sekda Manado Ingatkan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

Sekda Micler Lakat didampingi Kadis PP PA (Foto Istimewa)

EXPOSEMEDIA.ID, MANADO – Pemerintah Kota Manado melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPP-PA), Selasa (27/4/2021) menggelar kegiatan pelatihan yang sacara resmi dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Manado, Micler C.S. Lakat, SH.,MH. Dalam sambutannya Sekda mengingatkan pentingnya peran DPP-PA Manado.

Peserta kegiatan Program Perencanaan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) di Kota Manado tahun 2021, kata Lakat diharapkan memperhatikan penerapan pengarusutamaan gender dalam programnya. Pelatihan yang dilaksanakan tersebut harus bermuara pada upaya membangun pemahaman yang seimbang tentang pemberdayaan perempuan di tengah masyarakat, terlebih bagi peserta kegiatan.

Baca Juga:  Di Tengah Pandemi dan Lesunya Ekonomi, WAO Sulut Berbagi Bantuan

‘’Pemerintah Kota Manado telah berkomitmen melaksanakan percepatan pengarusutamaan gender sebagai amanat instruksi Presiden No. 9 tahun 2000 bahwa pengarusutamaan gender (PUG) merupakan strategi untuk mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender. Selain itu, kegiatan ini kita berharap dapat menemui tujuannya yakni memberi pemahaman kepada peserta, lebih luas masyarakat tentang pentingnya PUG dalam program pembangunan dan melatih peserta untuk menyusun PPRG dalam program serta kegiatan pembangunan,’’ kata Lakat, di Granvilla Cotage Malalayang melalui sambutannya.

Pemaparan seputar peran gender dari Sekda Kota Manado (Foto Istimewa)

Birokrat senior yang murah senyum itu melanjutkan pemaparannya bahwa akhir dari pelatihan yang digelar itu harus membuahkan capaian yang sesuai sasaran. Sehingga peran strategis kaum perempuan dalam ruang sosial dapat terlaksana secara baik, tanpa ada lagi diskriminasi gender dan praktek-praktek yang merugikan perempuan di Kota Manado.

Baca Juga:  Fathona Salurkan Bantuan, JPAR Didoakan

‘’Setelah pelatihan ini Bapak dan Ibu sekalian yang notabenenya juga sebagai pejabat perencana di Kota Manado dapat mengaplikasikan, menganalisa anggaran yang responsif gender secara berkesinambungan. Lalu mengimplementasikan pada pembangunan riil guna mewujudkan keadilan di Kota Manado tercinta,’’ ujar Sekda Lakat menutup. (*/Amas)

COMMENTS